Utility Knife

Jenis Pisau yang Wajib Untuk Dapur Restoran

Bagi Anda yang membangun usaha restoran, pisau tentu menjadi salah satu commercial restaurant equipment yang wajib tersedia di dapur. Untuk menghasilkan sajian yang lezat, selain keterampilan memasak perlu juga didukung dengan peralatan yang memadai, termasuk pisau dapur. Pisau untuk restoran ternyata terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi masing-masing yaitu sebagai berikut

Chef’s Knife

Ini adalah pisau dapur serbaguna karena memungkinkan penggunanya memotong apapun dengan alat ini. Biasanya pisau ini banyak dijual di pasaran. Dari segi bentuk, ukuran pisau ini tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga cocok digunakan mengupas atau memotong makanan. Chef’s Knife dapat digunakan untuk memotong tulang dan daging meskipun agak sedikit sulit serta memerlukan tenaga.

Cleaver Knife

Pisau yang sering digunakan oleh chef di Tiongkok ini berfungsi untuk mencincang sayur, makanan, dan memotong tulang daging yang berukuran besar karena memiliki bentuk lebar. Pisau ini berbentuk persegi dan tergolong berat. Jika dibandingkan pisau lainnya, gagangnya terasa lebih kokoh. Cleaver Knife biasanya juga digunakan oleh tukang daging.

Slicing Knife

Pisau ini hadir dengan bentuk yang lebih panjang dan runcing dibandingkan chef’s knife. Pisau ini berfungsi untuk mengiris ikan atau daging yang super tipis dengan mata pisaunya yang tajam. Selain itu, pisau ini juga dapat digunakan untuk mengiris bahan makanan lainnya seperti tomat, bawang, timun, atau mengupas kulit buah.

Utility Knife

Sekilas pisau ini memiliki bentuk yang mirip dengan chef’s knife. Tetapi pisau ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Jenis pisau dapur ini biasanya digunakan oleh chef handal untuk berbagai macam potongan mulai dari yang tidak terlalu sulit hingga ke tingkat kesulitan pemotongan yang tinggi.

Bread Knife

Sesuai dengan namanya, pisau ini sering digunakan untuk mengiris kue dengan sempurna tanpa membuatnya rusak atau hancur. Bread knife memiliki ukuran lebih panjang serta terdapat gerigi di permukaan bilahnya. Bread knife memiliki 2 jenis pegangan yang disebut offset dan klasik

Pairing Knife

Commercial restaurant equipment ini hanya berukuran sekitar 5 – 10 cm sehingga membuatnya lebih kecil dibandingkan jenis pisau dapur yang lain. Pairing knife berfungsi untuk memotong sayuran, mengupas buah, dan memisahkan kulit udang. Menariknya, pisau ini juga dapat digunakan untuk menghias makanan.

Boning Knife

Pisau ini memiliki ciri khas berupa bentuk yang melengkung dan mengecil di ujung. Pisau ini biasa digunakan untuk memisahkan daging dari tulangnya. Boning knife sengaja dibuat dengan desain melengkung untuk memudahkan para chef mengontrol pemotongan daging jenis apapun.

Demikian beberapa jenis pisau dapur untuk commercial restaurant equipment Anda. Sebenarnya masih ada beberapa jenis pisau lainnya yang dapat digunakan di restoran seperti fluting knife, carving knife, dan mincing knife dengan fungsinya masing-masing

Leave a Comment