Kompor Gas

Kompor Gas Sebagai Salah Satu Peralatan Masak Restoran

Memasak merupakan salah satu keahlian yang dimiliki oleh manusia. Terkadang keahlian memasak tersebut disalurkan dengan cara yang baik, sekaligus untuk berbisnis, yaitu dengan membuka restoran. Sehubungan dengan hal itu  tentu saja dibutuhkan berbagai macam peralatan masak restoran, sesuai dengan yang dibutuhkan. Artikel tentang peralatan masak restoran akan dibahas di bawah ini.

Sekilas Tentang Alat Masak Untuk Restoran                            

Pada saat kita tengah berada di suatu restoran jika memiliki kesempatan untuk melihat dapurnya kita akan melihat bermacam-macam peralatan yang digunakan untuk memasak. Jika restorannya kecil mungkin peralatan memasaknya tidaklah begitu banyak, secukupnya. Sebaliknya jika restorannya besar sudah pasti peralatan memasaknyapun sangatlah banyak, lengkap sekali.

Alat-alat masak yang ada di dapur yang dipakai untuk restoran sebetulnya mempunyai dua fungsi. Yang pertama fungsinya sebagai alat-alat masak yang khusus digunakan untuk memasak makanan atau diistilahkan sebagai “Food Cooking Equipment”. Sedangkan fungsi yang kedua ialah sebagai pelengkap atau sebagai aksesoris dapur yang diistilahkan dengan nama “Kitchen Accessories”.

Alat Yang Dipakai Untuk Memasak Makanan

Berikut di bawah ini beberapa peralatan masak restoran khususnya kompor gas yang sebaiknya ada di dapur yang digunakan untuk memasak makanan :

  • Kompor Gas Meja

Di dapur restoran manapun juga, apakah itu di restoran kecil maupun di restoran besar harus tersedia kompor gas. Idealnya menyediakan kompor gas dalam bentuk meja atau yang sering disebut dengan nama “Gas Burner Stove”. Api dan tekanan gasnya bisa dikecilkan serta dibesarkan sesuai dengan kebutuhan, demikian pula halnya dengan jumlah tungkunya. 10 sampai dengan 20 centimeter adalah ukuran dari diameter burnernya yang biasanya dipakai. 

  • Kompor Gas Pendek

Kompor gas pendek atau yang disebut juga dengan nama “Gas Stock Pot” biasanya juga dibutuhkan untuk memasak kaldu atau sop di dalam sebuah panci besar. Tekanan gas yang dipakai disesuaikan dengan kebutuhan, bisa low pressure atau medium pressure.

  • Kompor Gas Bakaran

Sesuai dengan namanya kompor yang dikenal dengan nama “Gas Charcoal Grill” ini dipakai untuk membakar ayam atau ikan untuk diolah menjadi sate. Supaya panasnya lebih merata digunakanlah batu vulkanik, tanpa membuat hitam bahan makanannya.

  • Kompor Gas Goreng

Kompor dengan nama lain “Gas Deep Fryer” ini dipakai untuk menggoreng bahan makanan seperti kentang dan ayam dalam jumlah yang banyak dan dengan minyak goreng yang banyak pula.

  • Kompor Untuk Merebus

Bahan makanan seperti sayuran potong, sapghetti dan mie yang memerlukan tambahan kuah menggunakan suatu kompor khusus untuk merebus atau “Noodle Boiler” yang dimasak dengan tekanan gas tinggi supaya proses memasaknya lebih cepat selesai. Sebagai tambahannya, tersedia wadah untuk menampung bahan yang diolah.

Leave a Comment