Rangka atap baja ringan

Tips Memilih Rangka Kuda Kuda Baja Ringan Yang Berkualitas Baik

Kuda-kuda merupakan sebuah elemen yang memiliki peranan penting dari susunan atap tempat tinggal. Kuda-kuda menjadi struktur penahan rangka yang cukup kuat karena akan digunakan sebagai penahan beban dari genteng.  Saat ini ada banyak sekali rangka kuda kuda baja ringan yang bisa Anda peroleh dengan mudah di pasaran. Meski demikian, dengan banyaknya merek dan jenis rangka kuda-kuda baja ringan yang beredar di pasaran, tak jarang membuat konsumen atau calon pengguna menjadi bingung dalam memilih rangka atap baja ringan tersebut. Untuk itulah, jika Anda ingin memperoleh rangka kuda kuda baja ringan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, maka Anda patut memperhatikan beberapa tips berikut ini:

Memperhatikan Ketebalan Lapisan Anti Karat

Perlu diketahui, seringkali konsumen beranggapan jika bahan Aluminium Zinc (AZ) lebih baik dibandingkan Galvanis (Zinc). Padahal yang bisa menentukan baik atau tidaknya bahan rangka kuda-kuda baja ialah ketebalan lapisan karat yang digunakan. Ketebalan lapisan anti karat sangat mempengaruhi usia ketahanan baja terhadap karat. Nah, untuk dapat mencapai taraf ketahanan yang relatif setara maka sebaiknya ketebalan lapisan Galvanis yang digunakan haruslah lebih tebal dibandingkan Aluminium Zinc. Pada dasarnya, standar umum untuk bahan struktural atau yang menanggung bebas bagi lapisan Aluminium Zinc tidak boleh kurang dari 150 gram/m2. Sementara untuk lapisan Galvanis tidak boleh kurang dari 180 gram/m2.

Memperhatikan Alat Sambung Self Drilling Screw dan Pemasangannya

Alat sambung Self Drilling Screw (SDS) atau sekrup dengan uung penembus baja tanpa mur merupakan salah satu bagian terpenting dari struktur rangka kuda-kuda baja ringan yang wajib diperhatikan. Pada dasarnya, alat sambung SDS untuk baja tipis yang digunakan haruslah dengan jenis khusus dan alur yang kasar, serta terdapat ruang dibawah kepala baut. Dengan adanya alur kasar ini dapat membuat baja tipis bisa tersusun di antara alur dan tidak merusak alur. Sehingga alat sambung SDS bisa dengan mudah memikul beban besar dari sambungan. Selain itu, perlu diketahui untuk pemasangan SDS juga membutuhkan alat khusus yaitu screw driver yang sudah dilengkapi dengan kontrol torsi.

Memperhatikan Mutu Baja

Pada dasarnya ketebalan profil baja ringan cukuplah tipis yakni berkisar 0,4-1 mm dan bahan baja yang umumnya dipakai ialah baja bermutu tinggi atau yang biasa disebut dengan High Tension Steel dan mutu baja standar G550, yang mana artinya baik itu Yield Strength atau Tension Strength dari kedua baja tersebut minimalnya adalah 550 Mpa. Bagi Anda para konsumen memang terbilang sulit untuk mengetahui mutu dari material baja yang ada, meskipun begitu jika Anda mengetahui standar baja minimum yakni G550, maka Anda bisa dengan mudah memperoleh bahan baku rangka kuda kuda baja ringan yang bermutu baik dan kokoh.

Leave a Comment