Pembuatan Website

Kelebihan Penggunaan Multi Channel Ecommerce

Siapa yang tidak tahu mengenai sistem multi channel ecommerce? Multi channel merupakan sebuah marketing yang sering digunakan lebih dari satu channel marketing. Sistem pemasaran ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, multi channel sedang populer akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan oleh kelebihan yang dimiliki oleh multi channel yang telah dikenal dan digunakan oleh pebisnis ecommerce. Berikut kelebihan penggunaan multi channel.

Mempunyai Beragam Variasi

Dengan menggunakan sistem marketing multi channel Anda dapat memiliki berbagai variasi barang. Hal ini disebabkan karena kita tidak harus terpaku dan ketergantungan akan satu toko online atau satu toko offline. Pada toko offline, biasanya dapat menawarkan barang lebih banyak dan bervariasi, maka Anda harus menambah Stock Keeping Unit sering disebut dengan product number atau part number.

Dengan multi channel Anda tidak membutuhkan hal seperti itu, agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat untuk supply barang. Jika kita melakukan multi channel, maka harga untuk memori komputer menjadi murah daripada dengan harga SKJ. Sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan yang maksimal dengan biaya pengeluaran lebih sedikit. 

Memperoleh Insight dari Perilaku Belanja Konsumen

Biasanya pebisnis yang sering menggunakan multi channel ecommerce akan mendapatkan informasi atau insight akan perilaku belanja konsumen. Anda bisa melihat insight perilaku belanja dari konsumen melalui riwayat pencarian atau historical purchasing. Dengan mempelajari maupun menggunakan insight tersebut maka pemilik usaha bisa mengembangkan bisnisnya berdasarkan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Memperoleh Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan

Dengan tersedianya pilihan beragam channel untuk para pelanggannya, maka pelaku bisnis telah memberikan kepuasan pada para pelanggan. Hal ini dikarenakan pelanggan akan memperoleh kemudahan-kemudahan yang banyak sesuai dengan saluran yang dipilih. Sedangkan jika pelanggan telah merasakan kepuasan maka pelanggan akan bersikap setia dan loyal. 

Lebih Konsisten dan Murah

Jika di toko offline kita memerlukan tenaga pelayan agar lebih membantu pelanggan. Tentu saja Anda harus membayar pelayan tersebut dan menambah biaya pengeluaran toko. Padahal tidak selamanya tenaga pelayan selalu berada di tempat saat pelanggan membutuhkannya.

Dengan adanya multi channel ecommerce pada toko online atau offline, para konsumen dapat melihat beragam barang secara detail tanpa tenaga pelayan toko sehingga biaya pengeluaran toko menjadi lebih sedikit. Inilah kelebihan multi channel, dimana Anda dapat menekan biaya lewat toko online. Namun tetap dapat membuka toko offline, sehingga harga bisa menjadi murah. 

Leave a Comment