Komponen Genset

Cara Mudah Merawat Genset agar Tahan Lama

Jika Anda mempunyai genset, maka pasti Anda pernah merasakan kebingungan mengenai cara terbaik untuk merawat genset Anda agar komponen genset Anda selalu tahan lama dan memiliki performa kerja yang baik. Untuk merawat genset, Anda tidak perlu bingung dikarenakan prinsip perawatan genset sangat mudah jika Anda mengetahui cara untuk merawat genset Anda. Berikut cara mudah merawat genset Anda agar tahan lama. 

  1. Lakukan Pengecekan Oli Secara Berkala

Untuk membuat genset Anda tahan lama, maka Anda harus memastikan bahwa oli Anda dalam kondisi yang baik dan normal. Tentunya, hal tersebut membuat Anda harus melakukan pengecekan oli secara berkala. Jika oli Anda sudah berwarna kehitaman, maka segeralah ganti oli Anda agar genset Anda dapat bekerja dengan baik. Biasanya, Anda dapat mengganti oli Anda setiap 5 – 6 bulan sekali.

  1. Selalu Periksa Bahan Bakar Genset Anda

Memeriksa bahan bakar merupakan hal yang mudah. Namun, Anda harus melakukannya secara berkala. Jika Anda hendak menyalakan atau mengoperasikan genset Anda, maka pastikan bahwa bahan bakar genset Anda telah mencukupi pemakaian. Jika Anda menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, maka hal tersebut akan membuat komponen genset Anda cepat mengalami kerusakan.

  1. Pastikan Anda Melakukan Pengoperasian Genset Secara Benar

Jika Anda melakukan pengoperasian genset, maka Anda harus memastikan bahwa Anda mengoperasikannya dengan baik dan benar. Jika Anda tidak mengetahui cara pengoperasian genset dengan benar, maka hal tersebut akan memudahkan genset Anda akan mengalami kerusakan. Bacalah petunjuk pemakaian sebelum Anda mengoperasikan genset jika Anda masih awam dalam menggunakan genset tersebut.

  1. Matikan Genset jika Terjadi Hal yang Salah

Jika Anda sedang menggunakan genset Anda, namun genset Anda terjadi hal yang tidak biasanya dan membuat Anda bingung untuk memperbaikinya, maka segeralah untuk memastikan genset Anda. Misalnya, jika Anda menemukan suara komponen genset yang sangat keras dan tidak seperti biasanya, genset Anda melakukan getaran yang kuat, maka segeralah matikan genset Anda dan carilah teknisi yang berpengalaman untuk memperbaikinya jika Anda tidak mengetahui cara memperbaiki genset Anda.

  1. Lakukan Pengecekan Terhadap Sirkulasi atau Ventilasi Udara

Sirkulasi atau ventilasi udara yang ada di genset Anda memegang peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan, ventilasi udara yang ada di genset tersebut bertujuan untuk membuang gas genset Anda atau hasil dari bahan bakar yang akan membuat genset Anda panas dan terjadi kebakaran. Dengan selalu mengecek ventilasi udara pada genset Anda, Anda dapat mengurangi terjadinya kerusakan terhadap komponen genset Anda.

  1. Selalu Jagalah Kebersihan Genset Anda

Jika Anda menginginkan genset Anda awet dan tahan lama, selalu jagalah kebersihan genset Anda. Dengan menjaga kebersihan genset Anda, perangkat genset Anda akan dapat bekerja secara optimal. Selain itu, Anda dapat menjaga genset Anda agar tidak mudah terjadi kerusakan yang terjadi terhadap komponen genset Anda.

Leave a Comment