Ilustrasi perhitungan investasi

Hindari Kesalahan Ini dalam Investasi Reksadana

Semua orang yang melakukan investasi tentu ingin mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Nah, biasanya Anda akan memilih jenis investasi berdasarkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi tersebut. Akan tetapi, mengapa Anda justru berakhir kecewa karena tidak mendapatkan keuntungan yang Anda harapkan dari investasi yang Anda pilih. Hal ini bisa pula terjadi terhadap cara bagaimana memilih investasi investasi yang tepat salah satunya dengan cara memilih reksadana. Agar tak berakhir kecewa, ada baiknya Anda menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini saat menginvestasikan dana Anda dalam bentuk reksadana.

Berinvestasi tanpa Menentukan Tujuan Keuangan

Investasi merupakan salah satu upaya kita untuk mewujudkan mimpi keuangan kita. Perlu Anda ingat bahwa reksadana hanya alat untuk mewujudkan mimpi tersebut. Jangan sampai Anda menggunakan alat tanpa tahu tujuan yang ingin Anda capai. Sebelum melakukan investasi reksadana, ada baiknya Anda merenungkan sejenak tujuan keuangan Anda. Hal ini penting Anda lakukan agar tidak salah memilih reksadana untuk investasi Anda.

Memilih Reksadana yang Salah

Kesalahan melakukan investasi reksadana bisa terjadi bila Anda memilih reksadana yang salah. Ada berbagai jenis reksadana yang masing-masing mempunyai karakter masing-masing. Kesalahan memilih reksadana bisa terjadi bila Anda tidak memahami tujuan keuangan Anda. Selain memerhatikan faktor pengembalian, Anda juga perlu mempertimbangkan risiko dari masing-masing jenis reksadana berdasarkan tujuan keuangan yang sudah Anda tentukan.

Terlalu Lama Menunda Investasi

Berhati-hati saat melakukan investasi memang penting apalagi jika Anda ingin berinvestasi dalam jumlah yang relatif tidak sedikit. Anda mungkin sudah mempertimbangkan melakukan investasi reksadana, tetapi Anda justru tidak segera melakukan investasi ini karena menyimpan terlalu banyak ketakutan. Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dari reksadana jika tidak segera memulainya. Takut atas risiko investasi memang wajar, tetapi jangan lupa bahwa ada langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk meminimalisir risiko tersebut.

Tidak Menggunakan Reksadana Online

Sebelum penggunaan internet berkembang luas seperti sekarang, investor harus melakukan investasi secara manual dengan mendatangi kantor platform reksadana yang dipilih. Jika sekarang Anda sudah bisa melakukan investasi dalam reksadana secara online, mengapa Anda harus merepotkan diri dengan melakukannya secara manual? Kemudahan dalam melakukan investasi ini tidak boleh Anda abaikan jika ingin sukses menjalankan investasi dalam bentuk reksadana.

Tidak Memahami Risiko Reksadana

Hal utama yang akan menjadi perhatian Anda saat memilih jenis reksadana adalah keuntungan yang akan didapat berdasarkan tujuan keuangan Anda masing-masing. Akan tetapi, mabuk dalam angan keuntungan tanpa memahami risiko reksadana yang Anda pilih justru akan menjerumuskan Anda dalam investasi yang salah. Anda tidak boleh lupa bahwa masing-masing jenis investasi pasti disertai dengan risiko yang perlu ditekan dengan strategi investasi yang tepat. Bukan berarti Anda boleh terlalu takut dengan risiko investasi reksadana sehingga enggan untuk memulainya.

Leave a Comment