alat tes masa subur wanita

Plus Minus Alat Tes Masa Subur

Guna mengetahui masa subur tubuh wanita, maka bisa dilakukan tes masa subur dengan menggunakan suatu alat tes masa subur wanita, yang akan bereaksi terhadap urin yang diteteskan dan membasahi ujung dari atas tes masa subur tersebut. Jika terbaca positif maka berarti sedang dalam masa subur, dan berpeluang besar bisa terjadi kehamilan jika melakukan hubungan suami istri. Sedangkan jika terbaca negatif di alat tes masa subur wanita tersebut maka hal ini menunjukkan bahwa tidak sedang dalam masa subur sehingga peluang terjadinya kehamilan tidak terlalu besar ketika melakukan hubungan suami istri pada saat tersebut. Cara tes kesuburan dengan menggunakan alat tes masa subur wanita itu ada nilai plus dan minusnya, antara lain sebagai berikut.

Nilai Plus 

Beberapa kelebihan dari penggunaan alat tes masa subur wanita itu adalah sebagai berikut.

Akurasi Tinggi

Alat tes masa subur ini cukup akurat dan bisa diandalkan hasilnya. Tingkat akurasi ketepatan hasilnya cukup tinggi bahkan berkisar sekitar hingga 90 % sampai 95%. Tingkat akurasi yang tinggi tersebut menunjukkan bahwa alat tes masa subur tersebut dapat sangat membantu dan bisa diandalkan serta dipercaya. Hal yang sedikit berbeda jika mencoba mengetahui tibanya masa subur dengan menggunakan sistem perhitungan kalender atau kalkulator hari masa subur, apalagi jika siklus periode menstruasinya tidak teratur.

Praktis dan Mudah Cara Penggunaannya

Alat tes masa subur ini juga ringkas, cukup kecil bentuknya dan mudah juga cara penggunaannya  yakni dengan cara ditetesi atau dibasahi dengan air urin, pada bagian ujungnya.

Cepat Diketahui Hasilnya

Hasil pengukurannya juga bisa dengan cepat diketahui. Hanya diperlukan waktu sekitar 5 menit saja maka hasil tes nya sudah bisa diketahui dengan secara akurat. Tepat karena benar-benar berdasarkan pada kondisi tubuh terkini, yakni yang diwakili oleh hasil reaksi alat tes masa subur terhadap kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) pada urin yang diteteskan pada ujung alat tes masa subur tersebut.

Mudah Pembacaan Hasilnya

Hasilnya juga bisa dengan mudah dipahami, yakni jika hasilnya adalah positif maka ini adalah masa subur telah terjadi, dan peluang hamilnya tinggi. Sedangkan jika hasilnya negatif maka belum memasuki atau telah berlalu masa suburnya atau masa ovulasinya, sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan rendah. Hasil tes kesuburan yang positif menunjukkan bahwa kadar hormon LH pada tubuh wanita yang diwakili dengan hormon LH pada urinnya adalah cukup tinggi, sehingga menjadi pertanda bahwa sedang mengalami masa subur, atau masa ovulasi yang diawali dengan sekitar 1 hari atau dua hari sebelumnya akan meningkat kadar hormon LH nya. Masa ovulasi atau masa subur itu ialah suatu masa ketika sel telur telah matang dan sudah terlepas dari ovarium dan telah berada di rahim serta siap untuk dibuahi. Sedangkan jika hasilnya adalah negatif maka hal ini menunjukkan sebaliknya, kadar hormon LH pada urin tidak cukup tinggi sehingga hal ini menandakan bahwa belum mencapai atau telah berlalunya masa puncak kesuburan. 

Harga Terjangkau

Salah satu keuntungan atau nilai plus yang lainnya lagi ialah karena harganya cukup terjangkau, atau tidak terlalu mahal.

Mudah Didapatkan

Alat tes masa subur wanita atau ovulation test ini juga mudah didapatkan, bisa dibeli di apotik terdekat. 

Nilai Minus

Meski demikian ada juga minusnya  yakni karena alat ini hanya sekali pakai, jadi tidak bisa dipergunakan secara berulang-ulang.

Jangan lupa untuk cek masa kadaluarsanya juga agar alat tes kesuburan tersebut bisa maksimal dan akurat kerjanya.

Leave a Comment