Wanita Hamil

Cara Baca Hasil Cek Masa Subur dengan Ovutest

Sebagai salah satu cara untuk mengetahui masa subur wanita maka bisa dilakukan dengan Cek Masa Subur dengan Ovutest. Hasilnya akan akurat dan dengan Tingkat akurasi alat Ovutest Strip yang cukup tinggi, yakni mencapai hingga 99,9%. Namun mungkin masih ada yang tahu cara baca hasilnya. Berikut ini ialah caranya.

Cara Baca Hasil Cek Masa Subur dengan Ovutest

Guna mengetahui hasil bacaannya maka berikut ini langkahnya.

Letakkan dengan secara mendatar horizontal Ovutest pada suatu tempat yang kering dan datar.

Lalu tunggu sampai muncul hasil tesnya. Tingkat kecepatan dapat terbacanya hasil tes tersebut akan bergantung pada prosentase kandungan LH (Luteinizing Hormone) yang terdapat di media testnya, yaitu kadar LH di urinnya.

Kemudian sebaiknya sesegera mungkin langsung membaca hasil tesnya dalam rentang kurun waktu sekitar 4 menit sampai 10 menit setelah testnya berlangsung. Dengan demikian maka hasilnya akan bisa lebih berkualitas, baik itu positif ataupun negatif hasil bacaan hasilnya. 

Berikut ini ialah beberapa kemungkinan hasil yang akan didapat.

Negatif

Hasil ovutest ialah negatif, yakni apabila timbul 1 garis strip pada control line atau timbul garis strip pada test line yang lebih terang dari yang ada di control line. Hasil yang seperti itu menunjukkan bahwa sedang di luar masa subur atau bukan sedang dalam masa ovulasi.

Invalid

Suatu arti hasil yang invalid ialah apabila timbul 1 buah garis pada test line maka ini lantas perlu untuk dilakukan test ulang dengan mempergunakan ovutest baru yang lainnya.

Positif

Suatu hasil bacaan yang ditunggu-tunggu ialah apabila timbul garis di test line yang sama tingkat terangnya ataupun lebih gelap warnanya dari yang terdapat pada control line karena ini maknanya hasilnya ialah positif. Suatu hasil yang positif menunjukkan bahwa dalam jangka hingga maksimal 2 hari ke depan maka sedang dalam masa subur atau masa ovulasi, siap bereproduksi.

Pengujian sampel urin dapat dilakukan dengan secara berkala dan teratur pada waktu yang sama selama dalam kurun waktu  maksimal 6 hari berturut-turut agar bisa lebih berkualitas hasil bacaannya.

Waktu Test

Namun perlu diketahui bahwa test tersebut dilakukan dengan menghitung jarak antara hari pertama menstruasi atau masa haidnya, hingga hari terakhir sebelum masa menstruasi atau haid yang berikutnya. Siklus menstruasi atau haid yang normal itu ialah berkisar antara 25 hari hingga 35 hari. Pada setiap satu kali siklus menstruasi atau haid maka seorang wanita subur akan mengalami saat ovulasi pada waktu 14 hari sebelum masa menstruasi atau haid yang berikutnya terjadi. Sedangkan apabila siklus menstruasi atau haidnya ialah 30 hari an, maka sebaiknya test masa suburnya dilakukan mulai pada hari yang ke 14 dan 3 hari berikut yang selanjutnya sampai diperoleh hasil yang positif. Dan urinnya diambil saat jam 10.00 pagi hingga jam 20.00 malam

Dengan demikian maka hasilnya bisa tepat dan akurat juga.

Leave a Comment